Home

24 August 2011

Mencari Ranking Siswa

( Sumber Image : di sini )
Membuat ranking atau peringkat pada siswa masih sering dilakukan guru meskipun rapor sekarang sudah tidak menyediakan lagi kolom untuk penulisan ranking. sayang sekali padahal perankingan ini sedikit banyaknya memacu siswa untuk belajar lebih giat, karena ingin mendapatkan ranking 1, atau paling tidak ranking 5 besar. ada sesuatu yang ditebak tebak dan ditunggu ketika pembagian rapor.
Berikut Cara Menentukan Ranking Siswa Menggunakan fungsi Excel :
Rumus yang digunakan adalah =RANK(nilai;range daftar nilai;order) pada contoh dibawah, KOLOM C2 dapat anda lihat Fungsinya adalah =RANK(C2;$C$2:$C$16;0) maka akan didapatkan ranking 10, kemudian copy kan ke cell dibawahnya akan mendapatkan nilai ranking 15, 3, 12 dan seterusnya. tanda $ adalah membuat cell menjadi  absolut, tekan F4. jadi ketika anda selesai memblok cell C2 sampai dengan C16 Tekan F4.
. 
Tapi biasanya permasalahan perankingan pada excel yaitu ada siswa yang memliki ranking yang sama. Pada contoh di atas Ranking 1 ada dua orang, ranking 6 ada 2 orang, karena rata-rata nilainya sama sehingga rankingnya juga sama, Tapi tidak mungkin kan ada dua orang yang dapat ranking pertama. karena itu Fungsinya harus di ubah menjadi =RANK(C2;$C$2:$C$16;0)+COUNTIF($C$2:$C2;C2)-1

1 comment:

  1. Anonymous4:24 AM

    terimakasih, sangat membantu ^^

    ReplyDelete