Home

22 November 2011

Masalah Penggabungan Tempat dan Tanggal Lahir


Kali ini kita akan membahas tentang permaslahan penggabungan teks, Tempat dan tanggal lahir. Misalnya Banjarmasin digabung dengan 11/08/1997 menjadi Banjarmasin, 11 Agustus 1997.Namun yang jadi masalah biasanya format tanggal yang diketik atau terlanjur diketik bukan dalam format tanggal. Tentunya juga akan tetap dituliskan cara menggabungkan Tempat dan Tanggal lahir tersebut. walaupun sebelumnya pernah juga dituliskan disini

Masalah dalam penggabungan dua teks tersebut di atas biasanya karena format tanggal yang tertulis dalam format teks, ada sebagian dari pihak yang berkepentingan menginginkan kita menulis format tanggal yang kita kirim dalam bentuk teks 8 digit angka, seperti ini misalnya 06051996, atau dalam bentuk teks 6 digit angka seperti 110897 (seperti pada gambar) Ketika angka ini ingin kita gabung dengan kota lahir yang ada disampingnya maka fungsi excel menjadi tidak berfungsi atau hasil penggabungan menghasilkan angka dengan tanggal yang jauh berbeda dengan tanggal aslinya dan jika Angka 6 digit tersebut kita ubah format tanggalnya ke format short date, Long date atau format lainnya maka angka tanggal lahir tersebut akan berubah.

Agar fungsi excel penggabungan dapat berfungsi maka kita harus mengubah tanggal lahir 6 digit tadi terlebih dahulu dengan menggunakan Teks to column pada Menu data. Blok tanggal lahir D2 sampai D11 kemudian klik Text to column.

Kemudian Pilih Fixed Width – Klik Next

Pisahkan masing-masing menjadi dua digit angka menggunakan mouse untuk membuat pemisah angka-angka tersebut dengan mengklik diantara 6 digit angka-angka tersebut (membuat tanda panah seperti pada gambar) – kemudian Klik finish.

Maka tanggal lahir 6 digit tadi akan menjadi terpisah dalam tiga kolom seperti pada gambar, pada kolom D Tanggal lahir, kolom E Bulan lahir dan kolom F tahun lahir, kemudian gabungkan angka tersebut dengan fungsi =DATE(Year;Month;day) pada contoh gambar =DATE(F2;E2;D2) sehingga menjadi format tanggal dan copykan ke cell dibawahnya.

Setelah itu kita rapihkan lagi, blok Tanggal lahir yang sudah jadi tadi yaitu kolom G2 sampai G11, Copykan pada kolom G2 dalam bentuk nilai dan format number, bukan lagi dalam bentuk rumus, caranya setelah dicopy pilih paste special – values and number format – ok. Dan kemudian sudah bisa kamu delete kolom D, E dan F yang menggangu pemandangan hehe… Sekarang mari kita gabungkan kota lahir dengan tanggal lahir tersebut, pada gambar jika yang digabungkan adalah kolom C2 dan D2 atau Banjarmasin dan 11/08/1997 maka fungsinya adalah
=C2&", "&TEXT(D2;"d mmmm yyyy") Hasil penggabungan adalah Banjarmasin, 11 Agustus 1997
Bisa juga diganti format text menjadi “dd mmmm yyyy” atau “dd mmm yy”.
Demikian permasalah yang saya temui dalam menggabungkan tempat dan tanggal lahir. Penulisan format seperti ini 1997-08-11 atau 11-08-97 bisa juga dipisahkan dengan menggunakan text to colum.

5 comments:

  1. Anonymous7:26 AM

    apa penerapan gue yang salah...
    atau tutornya yang salah..
    aduh.... kok jadi pusing aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya penerapan anda yang salah,,
      perhatikan tanda (;) pada D2;"dd mmmm yyyy"
      tanda (;) bisa juga (,) ini tergantung dari exel'a
      semoga membantu,, :)

      Delete
  2. Anonymous5:37 PM

    coba awe cara diatas trus rumusnya di copy paste, pasti bisa

    ReplyDelete
  3. masalah terjadi jika pemasukan pada tahun 2000 keatas

    ReplyDelete
  4. gan, kalo bikin tempat, dan tanggal otomatis untuk surat jalan bgm ya ? misal : Surabaya, 08 Oktober 2015. yang otomatis tanggalnya gan. terima kasih

    ReplyDelete