Home

04 June 2007

Self Talk

Pikiran dan sikap, dua hal yg sangat berkaitan erat. Pikiran adalah sebuah anugerah besar yang mempunyai kekuatan luar biasa dalam hidup, warna hidup kita hari ini dan hari-hari seterusnya di tentukan oleh pikiran kita. Pikiran merupakan pemicu sikap manusia. Pikiran menerima informasi-informasi dari luar yg perlu di kelola dgn baik. contoh, knp saat seorang patah hati yg mendengarkan lagu-lagu melo dia mjd makin sedih. Menonton drama-drama korea romantis dpt membuat seseorang menjadi sedih? Sehingga bisa membuat seseorang terus menerus larut dalam sedih. 

Pikiran manusia : pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. 
Bayangkan kamu melihat gunung es yg terendam di laut, bagian kecil gunung es (puncak gunung es) di atas permukaan air DAN lebih dari setengah gunung es terendam di dalam air laut.tapi itu jika kamu tidak melihat gambar di atas . tapi klo melihat gambar ini langsung aja di liat gambarnya, gak usah dibayangin hehe :p Dari peng-aindaian di atas, puncak gunung es adalah pikiran sadar kita, dan yg terendam adalah pikiran bawah sadar kita atau dlm istilah psikologi di sebut Self Talk.
Self talk adalah bagian diri kita yang berbicara pada diri sendiri di mana menurut sebuah penelitian kita berbicara pada diri sendiri lebih dari 15 ribu kali dalam sehari dan 80%nya adalah pembicaraan negatif, seperti merasa kurang, tidak cantik, tidak ganteng dan hal - hal negatif lain.nya dan penelitian terbaru lagi perempuan berbicara pada diri sendiri 14 ribu kali dalam sehari, dan pria 7 ribu kali dalam sehari. Kembali ke materi pikiran sadar yg kita misalkan dgn puncak gunung es tadi, Kita hanya melihat puncak gunung es tsb dgn lebih jelas. sedang bagian besar gunung es dalam laut yg kita analogikan dgn pikiran bawah sadar, kita tidak melihatnya! Pdhl ukurannya lbh besar. 

Knp jadi sedih krn yang melo-melo? Karena informasi tsb di olah oleh pikiran bawah sadar kita terlebih dahulu, pikiran sadar kita tidak melihat self talk tersebut. lihatlah pikiran bawah sadar tsb, dia begitu kuat membawa kita larut. padahal kita bisa melihat bahwa ada sesuatu yg lebih baik yg dapat kita lakukan selain larut dalam kesedihan. Itulah kenapa hidup kita hari ini ditentukan pikiran. Kita mau bahagia atau sedih tergantung pikiran kita hari ini. Pikiran yang di kelola dgn baik dapat membentuk pribadi menjadi menarik lho! :) pikiran baik >> sikap baik >> inner beauty. 

Banyak permasalahan hidup lainnya, tentang patah hati di atas tadi hanya contoh. Yang pasti bagaimana kita mengatur pikiran. Ada hal yang bisa kita lakukan daripada membiarkan pikiran bawah sadar (self talk) yg kita miliki membawa kita ke arah yg tidak jelas dan mengendalikan diri kita. telaah, pahami liat dengan jelas kerja pikiran (sadar dan bawah sadar). segera alihkan jika kesedihan datang, hindari untuk menekan diri sendiri, angin negatif tersebut memang datang tanpa di undang tapi kita harus melawannya agar bisa keluar sebagai pemenang atas diri kita sendiri.

4 comments:

  1. Anonymous10:11 PM

    Agree! Pikiran berperan besar dalam pembentukan pribadi, "kita mau baek, jadi gmn nantinya, atau apalaaa..." tergantung diri kita sendiri (pikiran kita). jadi mari kita manfaatkan dengan baek dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  2. rina dewi10:09 PM

    kalo rina, padahal secara teori tau ja pank dimana letak kesalahan dan bagaimana harusnya bersikap tapi kalo ngerjainnya yah tetap pikiran bawah sadar tetap jadi sang juara. huhuhuhu

    ReplyDelete
  3. wah ada rina di sini... hehehe... thanks commentnya....

    ReplyDelete
  4. hmmm...saya pernah baca tentang self talk dalam buku Hypnoteaching...
    well then sebagai guru kecil-kecilan saya mencoba untuk "Hey..murid saya pasti bisa!" or "Ini sangat mudah untuk dikerjakan"
    then efeknya memang sangat positif banget

    ReplyDelete