Home

15 January 2011

Demi Cinta


Apakah kamu tau belalang sembah? belalang sembah adalah hewan yang mempunyai kebiasaan yang mengerikan?
Belalang Sembah termasuk serangga dalam ordo Mantodea. Dalam bahasa Inggris disebut Praying Mantis, Kata mantis berasal dari kata Mantes (bahasa Yunani) yang berarti “peramal nasib”. hewan ini  mempunyai kebiasaan mengatupkan kedua kaki depannya seperti sedang menyembah belalang ini juga dikenal dengan nama belalang sentadu. Belalang Sembah selain disebut sebagai belalang sentadu juga disebut sebagai congcorang (Sunda atau Betawi), walang kadung atau walang kekek (Jawa) dan mentadak (Melayu).

Belalang Sembah terdiri atas sekitar 2.000-an spesies yang terkelompokkan dalam 9 Famili yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia memiliki sekitar 200 spesies salah satu yang paling dikenal di Indonesia adalah spesies Hierodula vitrea.
Ciri-ciri yang dimiliki belalang sembah yaitu umumnya berwarna hijau, memiliki 3 pasang kaki. Dua pasang kaki belakang digunakan untuk berjalan sedangkan sepasang kaki depan berguna untuk menangkap mangsa. Kaki depannya sangat kuat dan berukuran paling besar dengan sisi bagian dalamnya berduri tajam yang berguna untuk mencengkeram mangsanya. Belalang sembah adalah salah satu dari segelintir serangga yang dapat memutar kepalanya hingga 180 derajat.
Hewan ini adalah serangga pemangsa tingkat tinggi dan merupakan serangga karnivora atau pemakan segala dan bersifat kanibal (memakan jenisnya sendiri). Mereka biasanya diam dan menunggu korban mereka dengan tungkai-tungkai depan dengan posisi yang diangkat ke atas. Serangga ini mempunyai cara kamuflase atau penyamaran yang baik, ada yang mirip seperti daun, ranting, bunga dan sebagainya, sehingga calon mangsanya dapat di kelabui. Jika kamu ingin melihat bagaimana gesitnya belalang sembah menangkap mangsanya, coba kamu tangkap belalang sembah, kemudian kamu kurung dia di kurungan kawat yang punya celah sangat kecil. biarkan dia lapar selama 3 hari, kemudian kamu masukkan lalat ke dalam kurungannya. kamu akan melihat betapa gesitnya si belalang sembah ini.
Serangga ini sangat selektif, pilih-pilih dalam memakan bagian tubuh mangsanya. Serangga ini tidak memakan semua bagian tubuh mangsanya dan seringkali menyisakan kaki, sayap dan beberapa bagian tubuh lain yang tidak disukainya.
Beberapa Jenis belalang sembah, diantaranya:
  • Ischnomantis gigas; Belalang sembah terbesar, panjang mencapai 17 cm. Banyak ditemukan di Afrika.
  • Bolbe pygmaea; Belalang sembah terkecil dengan panjang hanya 1 cm.
  • Hierodula parviceps (Filipina)
  • Hierodula patellifera (Indo-Pasifik)
  • Miomantis abyssinica (Mesir)
  • Hierodula membranacea (Asia)
  • Hierodula grandis (India)
  • Hierodula vitrea; Yang paling umum ditemukan di Indonesia.
  • Camelomantis sondaica; (Indonesia)
Belalang sembah sangat berguna sebagai pengontrol alami, atau sering di kenal sebagai pemangsa atau predator alami untuk memberantas serangga yang bersifat hama yang mengganggu perkebunan.
nah yang disinggung di awal awal artikel tadi bahwa serangga ini mempunyai kebiasaan yang mengerikan seusai bercinta. Gender belalang sembah yang punya kebiasaan ini adalah belalang betina, dimana  ia akan segera memakan kepala belalang jantan begitu mereka selesai kawin. dan menyisakan bagian tubuh lainnya tidak dimakan seluruhnya. dapat di lihat dari hal tersebut berarti seekor belalang sembah jantan selama hidupnya hanya akan mengalami satu kali perkawinan kemudian mati menjadi mangsa sang belalang betina.  Sang serangga jantan rela mati demi cinta..



Klasifikasi belalang sembah :
Kerajaan: Animalia. Filum: Arthropoda. Kelas: Insecta. Ordo: Mantodea. Famili: Mantidae. (ada famili lain selain famili ini) Genus: Hierodula. (ada genus lain selain genus ini) Spesies: Hierodula vitrea.(ada jenis lain selain jenis ini).
gambar disamping kiri gambar belalang betina memangsa belalang jantan


Referensi : Wikipedia.com, buku ensiklopedia hewan dan berbagai sumber. 

5 comments:

  1. Wah ngeri banget ya kalo ngebayangin. habis kawin trus jadi mangsa. Tuhan menciptakan mahkluk ini tentu sangat banyak manfaat yang bisa kita ambil. tapi meskipun begitu ada hal lain yang gilani (menjijikkan) dari belalang ini, karena saya sering banget menjumpai belalang ini membawa cacing panjang berwarna putih dalam perutnya dan kadang cacingnya banyak.

    ReplyDelete
  2. iya benar sekali, thanks atas commentnya :)

    ReplyDelete
  3. yang saya lihat biasanya cacing warna hitam dan sulit dibunuh, apa pakai garam ya

    ReplyDelete
  4. biasanya aku kasih minyak tanah dan aku bakar hahahha

    ReplyDelete
  5. infonya donk tentang isi perut belalang sembah

    ReplyDelete