Home

13 January 2011

Tidak Percaya Diri, Lakukan Perubahan Sekarang!

Masalah yang sering timbul dalam interaksi antar manusia adalah perasaan tidak percaya diri, merasa malu dalam bergaul dan merasa kurang serta emosi negatif lainnya. Biasanya hal ini disebabkan oleh masa kecil yang tidak dipeluk dengan kebahagiaan, atau karena intensitas merasa tersudut dalam keluarga cukup besar. atau masa kecil yang datar, nyaris tanpa suasana mnenyenangkan dan atau tanpa humor jika sudah berada dalam rumah. akibatnya kita menjadi sosok yang sangat pendiam, menutup diri, menyendiri dalam hayalan. Waktu kecil saya juga pernah mengalami perasaan merasa kurang diperhatikan ,di titipkan ke pengasuh dari bangun tidur hingga hampir sore hari, dan selanjutnya saya rasakan berlalu begitu saja hingga malam hari, karena kedua orang tua bekerja.
dan ayah kandung saya telah pergi  selama-lamanya ketika saya berumur 3 tahun. sebenarnya pada waktu kecil kita hanya tidak mengerti bahwa orang dewasa juga bergelut dengan aliran emosi negatif baik itu emosi yang disebabkan masalah ekonomi atau lingkungan pekerjaan, sehingga saat itu kita merasa teracuhkan, seolah-olah tidak disayangi lagi. padahal itu tidak benar sama sekali! cuma perasaan kita saja.

Pada waktu kecil manusia cenderung membutuhkan penerimaan dan perhatian dari orang sekitar.  ketika kita mulai merasa tidak diterima, berdampak mulai menutup diri. kejadian -kejadian pada masa kecil membentuk kita menjadi sosok yang sekarang, jika baik maka terbentuk sosok yang penuh percaya diri, tidak minder. Namun jika mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan pada masa kecil biasanya akan terbentuk pula sosok yang kurang menyenangkan, dan itu terbawa hingga kita dewasa, menjadi pribadi yang tidak percaya diri, pendiam, penghayal. akhirnya mempengaruhi pola hubungan kita dengan orang lain. belum ditambah lagi masalah fisik, kita mulai membandingkan fisik kita dengan orang lain yang mempunyai fisik lebih bagus. dan semakin merasa tertekan.

APAKAH ANDA DALAM KESADARAN?
Tidak percaya diri membuat kamu hanya berjalan ditempat, ragu-ragu ingin melakukan ini atau melakukan itu. terasa begitu banyak bayangan diri kamu sendiri yang mengelilingi tubuh mu, dan mereka mengawasi apa yang ingin kamu lakukan, sehingga yang terasa hanya minder dan tidak percaya diri. terus kamu menjadi tak berani tentang apa yang ingin kamu lakukan, apa yang ingin kamu sampaikan, dan yang ingin kamu ekspresikan, kamu tidak berani!. sepertinya kamu berusaha memasukkan diri sendiri dalam penjara besi kecil tanpa cahaya sedikit pun, disana kamu mendapati rasa aman dari lingkungan sosial yang seolah selalu memojokkan dirimu tapi kenyataannya malah sama sekali tidak membuat kamu menjadi lebih baik, didalam sana kamu tidak dapat bernapas dengan baik dan yang kamu liat hanya gelap, kamu merasa gagal. kamu mulai memberi hukuman ke diri sendiri. terus memberi masukan jelek ke  dalam pikiran kamu sendiri. tidak menyadari bahwa sebenarnya kamu sedang berada dalam Lingkaran gelap. tapi anehnya kamu merasa nyaman-nyaman saja tetap tinggal di lingkaran tersebut? kenapa? karena kamu takut dengan kenyataan, takut dengan perubahan. kamu takut ketika mulai mencoba lagi akan menerima penolakan. ternyata setelah kamu mencoba lagi sedemikian keras, yang kamu terima adalah penolakan lagi, dan kamu kembali lagi ruangan gelap tadi, tempat dimana kamu merasa nyaman, di penjara besi kecil tanpa cahaya tadi. dan ketahuilah penjara ini ada dalam pikiran kita. siapa yang bisa menghilangkannya? jawabannya adalah diri kita sendiri. Gagal coba lagi, Gagal dan Coba lagi.. karena itulah hidup kita.

APAKAH ANDA MENYAYANGI DIRI ANDA SENDIRI?
Sifat manusia adalah belajar, lalu bagaimana caranya agar kita bisa keluar dari "lingkaran" itu yaitu  berhenti memberi hukuman pada diri kita sendiri. jika emosi negatif tiba-tiba datang, segera ubah pengaturan pikiran anda, jangan terjebak dalam pikiran bawah sadar yang semu. mulai sekarang terima diri dengan sepenuh hati, cintai diri dengan sepenuh hati, sayangi diri dengan sepenuh hati. bagaimana anda bisa diterima, dicintai, dan di sayangi oleh orang lain, jika anda sendiri tidak menyayangi diri anda sendiri. sumber masalahnya ada dalam diri kita sendiri.  jika mengalami penolakan. pikirkan apakah orang lain akan heboh dan berlebihan seperti anda dalam mengahadapi penolakan itu? jika kita menerima diri kita, maka penerimaan dari orang lain akan menyapa kita, jika kita menyukai diri kita, maka kita akan mulai disukai oleh orang lain. inilah yang sering disebut dengan berdamai dengan diri sendiri, dan dapat membentuk citra positif pada diri kita. Jangan berharap ada seseorang yang akan datang membuat diri anda bahagia, kalau anda sendiri tidak bahagia atas kepemilikan diri anda. Jadi hal pertama yang harus anda lakukan adalah BAHAGIA dengan diri anda sendiri, MENERIMA diri dulu artinya kita sudah mulai menyayangi diri sendiri. orang yang bahagia adalah  orang yang memiliki daya tarik yang tidak bisa dijelaskan secara verbal.

1 comment:

  1. kadang rasa pede muncul saat saya takut melakukan kesalahan.....
    padahal saya tahu, takut salah adalah suatu kesalahan....huhu

    ReplyDelete